Bisnis

Sejarah – Kartu Kredit Pertama:

Jika Anda lahir setelah tahun 1980, kemungkinan besar Anda akan menganggap remeh keberadaan kartu kredit. Anda melihat mereka menggunakan seluruh hidup Anda. Tetapi dalam skema yang lebih besar, itu benar-benar merupakan perkembangan baru-baru ini.

Kartu kredit pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan minyak dan supermarket pada awal 1900-an – hanya untuk digunakan di perusahaan pribadi mereka. Alih-alih menawarkan kredit jangka panjang, kartu yang terbuat dari karton atau logam ini lebih cocok untuk pelanggan yang telah melunasi tagihan di akhir bulan. Jadi mereka sebenarnya “kartu tagihan” daripada “kartu kredit”.

1946 melihat kartu tagihan pertama yang dikeluarkan oleh bank, dibatasi hanya untuk pelanggan John Begin Bank di Brooklyn, dan hanya bagus di perusahaan komersial lokal. Pada tahun 1951, Franklin National Bank di New York mengeluarkan kartu serupa hanya untuk pemegang rekening.

Diner’s Club diperkenalkan pada tahun 1950, untuk kenyamanan para pelancong dan penghibur. Kartu pertama diberikan kepada 200 pelanggan terpilih yang dapat menggunakannya di 27 restoran di New York.

Pada tahun berikutnya, jumlah pemegang kartu mencapai 20.000 dan kartu tersebut diterima secara luas. Diner’s Club mengklaim gelar kartu kredit pertama yang tersebar luas. Ini juga secara teknis merupakan kartu tagihan daripada kartu kredit, karena tagihan jatuh tempo secara penuh setiap bulan.

Sementara itu, Federal Express, yang mengkhususkan diri pada wesel dan cek perjalanan, sedang mempertimbangkan untuk menawarkan kartu serupa. Ketika Diner’s Club dibentuk, American Express menjalankan rencana mereka sendiri dan pada tahun 1958 meluncurkan Kartu Ungu untuk Perjalanan dan Kenyamanan. Pada tahun 1959 mereka memperkenalkan kartu pertama yang terbuat dari plastik. Sekali lagi, ini secara teknis adalah kartu tagihan.

Kartu kredit revolving pertama – jenis yang kita terima hari ini – dikeluarkan oleh Bank of America, hanya di California pada tahun 1959. Pada tahun 1965, bank melihat potensi keuntungan yang lebih besar, dan mulai melisensikan kartu tersebut ke bank-bank di seluruh negeri . . Ini dikenal sebagai program BankAmericard.

Bisnis sedang booming, jadi pada tahun 1967, empat bank California membentuk Asosiasi Bancard Negara Bagian Barat dan mengikuti kompetisi untuk program BankAmericard – MasterCharge. Pada tahun 1969, sebagian besar kartu pembayaran bank mandiri telah bergabung dengan program BankAmericard atau MasterCharge.

Karena perusahaan yang sedang berkembang ini ingin berekspansi ke pasar internasional, nama “Amerika” pun menjadi masalah. Jadi pada tahun 1977, BankAmericard menjadi Visa. Pada tahun 1979, MasterCharge juga berganti nama menjadi MasterCard.

Industri kartu kredit sekarang mencakup 5 pemain utama:

– Visa Internasional:

Kartu Kredit Kartu Master:

– American Express:

– mengeksplorasi:

Klub pengunjung:

Visa, kartu yang memulai terburu-buru untuk kredit bergulir, terus menjadi pemimpin, dengan lebih dari satu miliar kartu digunakan dan membawa lebih dari setengah dari semua transaksi kartu kredit di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button